Thursday 21 July 2011

Kini Telefon Boleh Di-Charge dengan Suara?


Seorang pengkaji berasal Korea Selatan menemukan teknologi baru yang memungkinkan pengguna telefon tangan mengecas baterinya hanya dengan menggunakan kekuatan suara.

Dr Sang-Woo Kim, seorang peneliti di Sungkyunkwan University, Seoul, yang mengembangkan teknologi itu. Teknologi ini boleh memanfaatkan energi berlebih dari suara yang dihasilkan seseorang ketika berbicara di telefon mereka untuk mengisi bateri telefon tersebut.

"Suara yang selalu hadir dalam lingkungan dan kehidupan sehari-hari kita sering diabaikan sebagai sumber energi. Ini memotivasi kami untuk menghasilkan sumber daya dengan mengubah energi suara dari pembicaraan seseorang, musik ataupun suara-suara di sekitar menjadi energi elektrik," kata Kim sebagaimana dikutip Cellular News, Isnin (9/5/2011).

"Energi suara bisa digunakan untuk berbagai keperluan  termasuk memungkinkan telefon untuk di-charge di tengah percakapan serta menerima suara dari kendaraan yang berjalan dan mengubahnya menjadi energi elektrik," lanjut Kim.

Berdasarkan penelitian Kim, campuran zinc oxide di antara dua elektrod mampu menghasilkan energi ketika digetarkan oleh suara-suara sekitar. Purwarupa penelitian ini mampu mengubah suara lalulintas yang bising menjadi energi elektrik sebesar 50 milivolt.

Artinya, konsep Dr Kim ternyata boleh dibuktikan. Kini, Dr Kim dan pasukan penelitinya harus melakukan sejumlah upgrade untuk mengkomersilkan produk ini.

Saat ini, target penelitian lanjutan Dr Kim adalah meningkatkan komposisi zinc oxide di antara dua elektroda guna menghasilkan lebih banyak elektrik dari energi suara yang lebih kecil.

sumber : okezone.com 

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Blog Archive

LinkWithin

LinkWithin

PunchTab