Wednesday 3 August 2011

Wanita Dengan Hobi Yang Pelik Makan Sabun

Tempestt Henderson,remaja 19 tahun berasal dari Florida,tidak mampu menahan godaan untuk menyantap aneka produk sabun.Tanpa menghiraukan peringatan pada bungkusan sabun,dia mengunyah serbuk sabun setelah bangun tidur di pagi hari.

Kadar ketagihannya terus meningkat.Selain memakan serbuk sabun, remaja yang menuntut ilmu sebagai jururawat ini pun mulai menikmati lima batang sabun setiap minggu."Pada ketika mandi,saya suka menjilati busa sabun dan membuat gelembung pada mulut saya.

Ia terasa seperti di surga.Saya suka kebersihan,memakan sabun membuat saya merasa lebih bersih daripada sekadar menggunakannya",ujarnya.Henderson susah melawan hasrat memakan sabun.

Enam bulan selepas ketagihan makan sabun,dia kemudian berjumpa dengan dokter.Hasil diagnosis menyebutnya menderita kelainan yang disebut 'Pica'.

Pica merupakan kelainan nafsu makan yang ditandai dengan munculnya hasrat untuk menyantap zat non nutrisi,yang cenderung membahayakan kesehatan.

Ada yang ketagihan memakan besi,koin,kapur,bateri dan bahkan berus gigi.Dokter yang merawat Henderson mengatakan,faktor stres adalah pemicu utama ketagihan tersebut.

Remaja ini mengalami masalah psikologi,di mana dia merasa sangat rapat dengan keluarganya ketika mencium bau sabun."kekasih saya meninggalkan saya untuk bersekolah di Kansas.Saya pun harus berpisah dari orangtua untuk bersekolah di Florida.

Saya merasa sangat kesepian,sedih dan depresi.Hanya dengan memakan sabun stres saya hilang",ujarnya.Dr Barton Blinder,pakar masalah 'Pica',mengingatkan,memakan sabun dapat mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh.

"Sabun adalah bahan kimia,dengan memakannya akan merusak metabolisme tubuh,mengakibatkan masalah pencernaan,dan masalah keseimbangan asam-basa pada darah",ujarnya.

Untuk mengatasi kelainannya,keluarga mulai menggunakan sabun berbentuk cairan dan Henderson pun mulai berpikir untuk tidak mengambilnya.

Dia pun berusaha menghindari tempat-tempat yang menyediakan sabun.Dan,Henderson berhenti memakan sabun sejak September 2010.sumber:DailyMail.co.uk.
My bizarre compulsion:Tempestt Henderson,19,says she is addicted to eating soap - and can go through five bars a week.
'It tasted so sweet,and salty':Tempestt claims that the first time she ate washing powder,it just felt right.
When you can't stop:Doctors have diagnosed Tempestt with a rare disorder called PICA,characterised by an appetite for substances that are non-nutritive.
NOT a balanced meal:Doctors say if Tempestt doesn't kick her habit - which they blame on PICA,caused by stress - it could kill her.
At least it's not drugs:Tempestt poses with her mother,who was so worried about her habit that she pulled her out of college.
Before it all began:Tempestt as a young girl in an undated family photo.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Blog Archive

LinkWithin

LinkWithin

PunchTab